9 Tips Jitu Untuk Mengatasi Insomnia

loading...

loading...
Pernahkah anda mengalami Insomia? Pasti sangat menyebalkan jika sulit tidur pada malam hari. Insomnia bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Selain itu seseorang tidak bisa tidur karena badan dan otaknya tidak lelah.

Ada 9 tips jitu untuk anda Jika mengalami insomnia pada malam hari, Yuk kita lihat apa saja yang harus kita lakukan kalau susah tidur pada malam hari:

1. Hindari Cahaya Saat Tidur jika anda mengalami insomnia maka matikan lampu kamar anda karena cahaya yang di pancarkan oleh lampu akan membuat mata anda terus terbuka. Selain itu cahaya juga tidak bagus untuk kesehatan saat kita tidur malam karena dapat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin.

2. Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Anda melihat jam secara terus menerus akan bukanlah solusi yang baik jika anda mengalami insomnia karena dengan melihat jam secara terus menerus akan membuat anda merasa khawatir dengan sisa waktu tidur anda yang sangat sedikit. Usahakan jam tangan tidak di dekat anda dan asukan ke dalam lemari agar anda bisa tertidur.

3. Hindari Kafein 9 Jam Sebelum Tidur Bagi seseorang yang sedang mengalami insomnia jauhi minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena hal ini akan memperparah kondisi anda. Selain itu kurangi juga konsumsi coklat, cola dan teh.

4. Atur Jadwal Tidur usahakan anda mengatur jadwal tidur karena dengan jadwal yang teratur anda bisa terhindar dari insomnia. Rutinitas seperti ini akan membuat otak anda tetap pada siklus yang telah terbiasa anda lakukan seperti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.

5. Olahraga Teratur olahraga setiap hari secara teratur dengan porsi yang tepat akan membuat kualitas tidur anda meningkat menjadi lebih baik. Dengan olahraga yang teratur maka aliran darah anda menjadi lancar sehingga energi yang didapat oleh tubuh menjadi maksimal.

6. Menetralisir Suara jika anda tidak bisa tidur karena mendengar suara seperti anjing yang mengonggong atau suara kendaraan maka cobalah untuk melawan suara tersebut dengan yang lebih teratur seperti suara AC atau suara menenangkan lainya. Jika hal ini tidak berhasil maka menggunakan ear phone solusi yang jitu untuk mengatasinya.

7. Jangan Merokok orang laki-laki biasanya akan merokok jika mereka tidak dapat tidur, tetapi tahukah ada jika kandungan nikotin di dalam rokok merupakan stimulan sama halnya dengan kafein. Merokok akan membuat anda tidak bisa tertidur dan memperburuk insomnia anda, so jangan hindari merokok 4 jam sebelum anda pergi tidur.

8. Jauhkan Binatang Peliharaan Anda dari Tempat Tidur tidur dengan binatang peliharaan akan membuat anda merasa tidak akan nyaman karena gerakan-gerakan yang di timbulkan oleh binatang peliharaan ini akan menggangu tidur anda. Selain itu kutu dan debu pada binatang ini dapat memicu alergi lainya yang dapat membuat kesehatan anda menjadi tergangu.

9. Relaksasikan Pikiran Anda Sebelum Tidur sebelum anda tidur biasakanlah untuk meredakan emosi dan menenangkan pikiran agar kualitas tidur anda menigkat. Hal ini bisa di lakukan dengan mendengarkan musik atau mandi dengan air hangat agar pikiran anda tenang sebelum tidur.

insomnia sangat menggangu jika terjadi secara terus menerus dan dapat menurunkan kondisi tubuh karena kurang tidur. Selain itu insomnia akan membuat anda sangat sulit untuk bangun di pagi hari. Semoga 9 tips untuk mengatasi insomnia ini dapat membantu anda yang sedang mengalami kondisi ini.

loading...

Loading...