6 Tanda Depresi di Usia 20-an

loading...

loading...
Muda, energik dan aktif mungkin itulah gambaran seseorang di usia muda. Usia 20-an merupakan masa peralihan remaja menuju dewasa tentunya hal ini bukanlah mudah, karena pada usia ini seseorang akan sangat mudah terpengaruh oleh pergaulan sehari-seharinya termasuk pengaruh lingkungan.

Jika masa peralihan ini tidak di sikapi dengan benar maka hal ini rentan memicu stres dan depresi bagi mereka yang berada pada usia 20-an, karena susana hati kelompok dewasa muda ini sangat labil.

Inilah 6 tanda indikasi depresi yang harus di waspadai oleh seseorang di usia 20-an :

1. Kurang menikmati aktivitas
biasanya pada usia muda seseorang akan sangat di sibukan dengan aktivitas atau hobi yang mereka sukai, pergi bersama teman-teman merupakan hal yang wajib bagi usia muda. Tetapi jika seseorang mulai menarik diri dari pergaulan dan mulai merasa tidak nyaman jika pergi keluar bersama teman-temanya maka hal ini merupakan pertanda bahwa anda sedang depresi. Selain itu biasanya mereka akan kehilangan minat terhadap aktivitas apapun.

2. Kurang motivasi
jika sesorang mulai depresi maka mereka akan merasa cepat putus asa karena energi orang yang sedang depresi akan terus menurun dan mudah lelah. Peran orang-orang terdekat akan sangat membantu untuk mengembalikan semangat mereka.

3. Kurang konsentrasi
seseorang yang depresi pada usia muda mereka akan sangat sulit sekali untuk konsentrasi karena pikiran mereka selalu di penuhi pikiran negatif sehingga mereka akan selalu pesimis. Hal ini yang membuat orang-orang depresi pada usia muda tidak fokus untuk mengejar cita-cita mereka.

4. Terbangun Malam
orang-orang yang depresi pada usia muda akan memiliki kelainan pada kadar kortisol dan hormon stres sehingga hal ini dapat menganggu jam tidur mereka seperti sering terbangun pada malam hari dan susah untuk tidur kembali.

5. Perubahan berat badan
depresi di usia 20-an akan sangat mempengaruhi nafsu makan sehingga si penderita depresi bisa mengalami perubahan berat badan yang cukup drastis.

6. Konsumsi alkohol dan obat-obatan
biasanya untuk mengatasi masalah depresi ini kelompok usia 20-an akan melampiaskan pada alkohol dan obat-obatan terlarang hal ini mereka anggap sebagai teman untuk menghilangkan rasa sakit dan kesepian. Padahal semua itu hanya pelarian sementara dan akan membuat mereka semakin jauh terjerumus.

Peran orang tua akan sangat membantu di dalam masa peralihan remaja menuju dewasa karena pada saat usia 20 an seseorang akan sangat labil dalam mengambil keputusan dan sangat gegabah.

Itulah 6 tanda depresi pada usia muda, kenali mulai sekarang agar anda tidak kehilangan masa-masa di mana akan banyak kenangan yang menghiasi hari-hari anda nantinya. selain itu depresi ini akan sangat rentan bagi kelompok muda dewasa ini untuk melakukan hal-hal yang nekat, seperti bunuh diri.
untuk itu ini tips mencegah terjadinya bunuh diri pada remaja yang depresi di usia-20an.

loading...

Loading...