5 Tips Sehat Makan Gorengan

loading...

loading...
Masyarakat indonesia sangat gemar akan jajanan, tidak saja anak-anak orang dewasapun sering membeli makanan kecil. Jajanan di indonesia sangat beraneka ragam, salah satunya yang paling populer adalah gorengan. Makanan ini biasanya di konsumsi saat bersantai atau kumpul-kumpul oleh masyarakat indonesia, karena harganya yang terjangkau dan sangat banyak di jual di manapun membuat gorengan sangat di gemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Di balik rasanya yang renyah dan enak gorengan ternyata dapat membahayakan kesehatan kita lho, jika di konsumsi terlalu banyak. Inilah 5 tips sehat makan gorengan agar terhindar dari penyakit:

1. Prinsip Beli Gorengan
Gorengan sangat banyak di jual di manapun hal ini membuat kita calon konsumen harus hati-hati dalam membeli gorengan, perhatikanlah kebersihan dan pembuatanya agar makanan yang kita beli tetap higienis. Biasanya gorengan yang di jual di pinggir jalan kurang higienis karena terkontaminasi dengan polusi dan asap kendaraan. Intinya kebersihan merupakan faktor pertama yang harus benar-benar kita lihat.

2. Pastikan Anda Percaya Pada Pedagang Gorengan Favorit Anda
Jika anda telah sering membeli gorengan maka usahakan membeli pada satu pedagang yang anda percayai dan telah mengetahui kualitas jajanan yang di jualnya, karena banyak penjual yang terkadang berbuat curang demi meraup untung yang banyak tanpa memikirkan dampak negatif bagi pembeli. Biasanya penjual yang curang akan memasukan plastik ke dalam minyak gorengan, hal ini bertujuan untuk membuat gorengan lebih crispy tanpa memikirkan kesehatan konsumenya.

3. Jika Anda Memiliki Riwayat Kolesterol, Jangan Makan Gorengan
Biasanya para penjual gorengan akan memakai minyak yang sama untuk mengoreng bekali-kali (minyak jelanta) hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan konsumen, salah satunya yaitu kolesterol. Untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit kolesterol mualilah membatasi makanan gorengan dan usahaakan banyak berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari

4. Jika Anda Sedang Diet, Jangan Makan Gorengan
Jika anda sedang menjalni program diet maka jangan pernah menyentuh gorengan jika tidak ingin diet anda gagal karena minyak dalam gorengan berpotensi menjadi lemak yang tertimbun di dalam tubuh. tetapi jika anda memang sangat menyukai gorengan, anda boleh memakanya asalkan di iringi dengan olahraga cardio seperti jogging dan berenang.

5. Jika Gorengan adalah Kesukaan Anda Kurangi Rokok, Kopi dan Mulai Giatlah Berolahraga
 Mengkonsumsi gorengan biasanya di temani dengan kopi dan rokok hal ini akan menambah nikmat bagi sebagian orang. Tetapi tahukah anda makan gorengan berbarengan dengan kopi dapat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh yang berpotensi menjadi penyumbatan pembuluh darah. Jika Anda mengkombinasikan rokok dan kopi, maka lengkaplah risiko penyumbatan lebih mudah terjadi. Rokok dikenal sebagai pencetus kerusakan dinding pembuluh darah yang memudahkan terjadinya penyumbatan di kemudian waktu, sementara kopi yang mencetus peningkatan tekanan darah lebih lanjut.

Itulah 5 tips sehat makan gorengan yang harus kita ketahui agar terhindar dari berbagai macam penyakit, dan jangan lupa untuk  berolahraga secara teratur hal ini tentunya akan membuat tubuh kita bertambah sehat dan bugar.

loading...

Loading...