5 Makanan Sehat Yang Berbahaya Bagi Tubuh

loading...

loading...
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari haruslah mengandung berbagai vitamin dan zat yang di butuhkan oleh tubuh. Karena kesehatan tidak akan terjaga jika makanan yang kita konsumsi bukanlah makanan yang sehat, tetapi bagaimana jika makanan yang kita anggap sehat justru dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Yuk kita simak, inilah 5 makanan sehat yang akan menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi secara berlebihan:

1. Jeruk dan Tomat Ya, jeruk dan tomat sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh terutama sebagai sumber vitamin C. Buah ini juga memiliki zat untuk melawan kanker, namun apa jadinya jika buah yang di anggap makanan sehat ini justru membahayakan bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi sevara berlebihan. Kandungan asam pada ke dua buah ini dapat menyebabkan refluks dan dalam jangka panjang menyebabkan pra kanker pada esophagus. Sebaiknya seseorang hanya mengkonsums jeruk tak lebih 2 porsi atau tomat 1 porsi sehari.

2. Tuna Ikan tuna merupakan salah satu sumber vitamin yang sangat baik untuk tubuh, tetapi tahukah anda jika terlalu banyak makan ikan tuna tidak baik juga untuk kesehatan karena ikan tuna banyak mengandung merkuri. Merkuri ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh seperti: masalah pada pengelihatan, gangguan pendengaran dan bicara. Hal ini di sebabkan oleh kurangnya koordinasi dan kelemahan otot yang di sebabkan oleh merkuri. Sebaiknya mengkonsumsi ikan tuna hanya 3-5 tuna kaleng dalam seminggu. Anda juga bisa mengkonsumsi salmon atau udang untuk penggantinya.

3. Air putih
Semua orang pasti tahu jika air putih merupakan obat yang paling mujarab, karena tubuh kita 80% mengandung air. Tetapi siapa sangka jika air putih bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi terlalu berlebihan, karena asupan air yang ekstrem ke dalam tubuh dapat mencairkan natrium dalam tubuh yang dapat mengganggu fungsi otak karena tingkat natrium yang rendah. Sebaiknya minum 8 gelas sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuh.

4. Kedelai
Jika anda sangat menyukai kedelai maka jangan di konsumsi terlalu berlebihan karena kedelai mengandung senyawa mirip estrogen yang menyebabkan resiko kanker rahim. Tetapi jika di konsumsi dalam batas normal kedelai dapat mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah. Sebaiknya mengkonsumsi kedelai di anjurkan maksimal 2 porsi per hari agar tubuh kita tetap sehat dan makan dengan gizi yang seimbang.

5. Bayam
Masih ingatkan dengan popaye si pelaut, dia memakan sayur dan kemudian langsung kuat. Ya, bayam merupakan sayur yang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral juga tinggi lutein, suatu karotenoid yang dapat mencegah degenerasi makula (penyebab umum kehilangan penglihatan dan kebutaan). Untuk penderita batu ginjal dan asam urat tidak di anjurkan untuk mengkonsusi sayuran ini karena bayam mengandung oksalat, senyawa yang dapat menyebabkan batu ginjal anda semakin membesar dan uric acid yang sangat tinggi.

Itulah 5 makanan sehat yang bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan kita, segala sesuatu yang kita konsumsi harus memiliki gizi yang seimbang agar tidak berdampak buruk pada tubuh kita dan jangan lupa di tambah dengan berolahraga.

loading...

Loading...