5 tanda penyakit kanker darah yang perlu di waspadai

loading...

loading...
Kanker darah sama dengan penyakit kanker-kanker lainya karena sama-sama penyakit yang mematikan. Pada kanker darah sel-sel kanker akan merusak peredaran darah yang ada di dalam tubuh seperti mempengaruhi produksi darah, sirkulasi darah dan pemurniaan darah. Jika sudah pada stadium lanjut kemungkinan kanker darah sampai mempengaruhi kondisi sumsum tulang belakang sehingga perlu di lakukan pencangkokan sumsum tulang belakang untuk menyelamatkan nyawa penderita.

Kanker darah ini sendiri dibagi menjadi beberapa jenis:

Kanker darah - Leukimia
Adalah jenis kanker darah di mana pembentukan sel darah merah berkurang

Kanker darah - Limfoma
Adalah kanker darah di mana pembentukan sel darah putih berkurang

Kanker darah - Myeloma
Adalah kanker darah di mana pembentukan plasma terhambat oleh sel-sel kanker. Semuanya punya empat tahapan yang berbeda-beda dan berbeda pula gejalanya. Ketika masuk pada tahapan yang lebih serius dan parah, sel kanker akan mulai muncul pada kelenjar getah bening, tersebar di hati dan limpa, adanya penurunan trombosit yang sangat drastis di dalam darah. Pada akhirnya kematianlah yang menutupnya.

Karena kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya, ketahui gejala-gejala awalnya agar bisa segera dicegah dan diobati:

1. Lemah dan sering lelah

setiap orang yang habis bekerja berat pasti akan merasakan kelelahan fisik, kondisi ini merupakan hal yang wajar di alami seseorang, berbeda jika kelelahan dan tubuh yang lemah melanda seseorang tanpa melakukan pekerjaan apa-apa maka hal ini harus di waspadai sebagai salah satu gejala kanker darah. lakukanlah cek darah untuk mengetahui apakah anda mengalami gejala dari kanker darah atau tidak.

2. Penurunan berat badan drastis

ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan. tetapi jika anda mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa ada faktor lain misalya: deman atau memang sedang diet maka patut di waspadai ini sebagai gejala awal penyakit kanker darah. segera hubungi dokter untuk mendapatka tindakan yang tepat.

3.Laporan darah yang abnormal

sebaiknya anda lakukan cek darah secara berkala agar mengetahui jika ada laporan sel darah yang jumlahnya abnormal, baik sel darah merah atau sel darah putih, hal ini merupakan tindakan untuk pencegahan dini penyakit yang mematikan ini.

4.Pembengkakan kelenjar getah bening

pembengkakan kalenjer getah bening juga merupakan satu dari sekian tanda bahwa ada yang tidak beres d dalam tubuh anda bisa jadi pembengkakan kelenjar getah bening disertai dengan demam, lemas, mual, dan nafsu makan hilang merupakan gejala dan tanda dari kanker darah.

5.Infeksi

jika seseorang sangat mudah terinfeksi maka kemungkinan tanda-tanda anda terkena kanker darah sangatlah mungkin. hal ini di sebabkan karena sistem imun di dalam tubuh tidak bekerja optimal ini yang membuat tubuh rentan terkena infeksi.

mulailah dari sekarang peduli dengan kesehatan kita sediri, jangan pernah abaikan setiap "alarm" yang telah di keluarkan oleh tubuh karena ini juga demi kebaikan kita sendiri. semoga dengan 5 tanda-tanda penyakit kanker darah di atas kita dapat mendeteksi dini penyakit ini dan melakukan tindakan yang tepat

loading...

Loading...