Pernikahan dini tingkatkan resiko kanker servik pada wanita

loading...

loading...
Umumnya seseorang wanita yang siap untuk menikah berada di kisaran umur 21 tahun. Karena banyak faktor terkadang wanita lebih memilih menikah di bawah usia 21 tahun, mereka yang menikah di bawah usia 21 tahun tidak mengetahui resiko yang akan di timbulkan oleh pernikahan dini ini. terutama bagi wanita bukan hanya faktor mental yang belum siap tetapi pernikahan usia dini dapat menyebabkan penyakit kanker servik pada wanita.

Mengapa ini bisa terjadi ?

Hal ini bisa terjadi karena wanita di bawah usia 21 tahun belum cukup matang alat reproduksinya. Alat reproduksi wanita baru akan siap di buahi pada usia 21 tahun ke atas. Gesekan yang terjadi saat berhubungan bersama pasangan akan mengakibatkan alat reproduksi perempuan usia di bawah 21 tahun mengalami memar dan lecet sehingga dapat memicu timbulnya infeksi dari kuman HPV yang dapat menyebabkan kanker servik.

Perempuan yang melakukan kontak badan saat alat reproduksinya belum matang hanya akan mendorong HPV sampai pada servik. Hal ini akan berbeda jika wanita yang telah memiliki kematangan alat reproduksinya. Tubuhnya akan membentuk kekebalan tubuh yang dapat menangkal virus HPV sehingga hubungan antar pasangan yang di lakukan oleh wanita usia di atas 21 tahun tidak berujung pada kanker servik.

Ini juga alasan pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk tidak menikah dini karena hal ini hanya akan membahayakan perempuan dan angka kematian perempuan yang terus meningkat dari tahun ke tahun akibat kanker servik ini. Kanker servik baru akan timbul 10-15 tahun ke depan dan hampir tanpa gejala yang di timbulkanya kecuali jika sudah memasuki stadium lanjut.

Jika wanita melakukan hubungan bersama pasangan pada usia 15 tahun maka besar kemungkinan akan terkena kanker servik pada usia 25 tahun.

So ladies, lebih baik hindari nikah di usia yang belum pada waktunnya karena hal ini juga berpengaruh pada kesehatan kita loh.

Semoga artikel ini memberi manfaat untuk kita semua untuk dapat menjaga dan dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

loading...

Loading...