Kenali Jenis, Gejala dan Pengobatan Kanker Kulit

loading...

loading...
Kanker kulit merupakan kanker yang paling berbahaya di dunia karena hampir setiap hari 1 wanita meninggal di dunia karena penyakit ini, untuk itu kita harus tahu apa itu kanker kulit. Banyak forum dan media yang dapat kita ikuti untuk menambah wawasan kita tentang penyakit ini semakin banyak informasi yang kita tahu maka semakin mudah bagi kita untuk mencegah penyakit kanker kulit ini.

Kanker kulit umumnya ada 3 jenis berdasarkan lapisan kulit yang mempengaruhi kanker:

1.Tipe pertama adalah karsinoma sel basal atau BCC. Type ini menyerang sel-sel basal epidermis

2.Tipe kedua adalah karsinoma sel skuamosa atau SSC . ini yang mempengaruhi lapisan epidermis kulit.

3.Tipe ketiga adalah melanoma. Ini merupakan yang paling berbahaya karena mempengaruhi melanosit dan terletak pada bagian bawah lapisan epidermis. Gejala kanker nya pun bervariasi tidak sama tergantung pada jenis kankernya.

Gejala kanker tipe pertama atau BBC biasanya adanya benjolan pada kulit dan kemudian mulai terjadi infeksi yang menjalar ke bagian kulit lainya. Jika anda merasakan hal di atas maka segera cepat konsultasikan dengan dokter agar dapat penanganan yang tepat.

Kadang-kadang sesesorang melihat adanya sisik pada kulit mereka kemudian menimbulkan gatal dan membuat tidak nyaman penderitanya. Biasanya hal ini bisa terjadi karena sering terkena paparan sinar matahari. Kemudian jika sudah parah kadang-kadang mulai berdarah atau berkembang menjadi ulkus, ini merupakan gejala dari kanker kulit tipe yang kedua.

Tipe yang ke tiga atau melanoma adalah yang paling berbahaya daripada 2 tipe di atas karena bisa merenggut nyawa penderitanya. Gejala awal dari melanoma biasanya terjadinya pengembangan atau infeksi pada tahi lalat yang ada di kulit jika terjadi gatal, kemerahan dan nyeri pada tahi lalat maka segera periksakan kepada dokter agar tidak terlambat penangananya.

Pengobatan kanker juga tergantung pada jenis kanker kulit yang di derita oleh si pasien.

Biasanya tipe pertama dan tipe kedua masih mudah untuk di obati karena tidak akan menyebar ke organ lain sehingga masih bisa di sembuhkan dengan obat-obatan.

Untuk tipe yang ke tiga ini si penderita biasanya di anjurkan untuk menjalani operasi karena jika tidak ini akan berdampak buruk pada organ lainya. Untuk itu kita harus berkonsultasi kepada dokter agar pengobatan kita bisa sesuai dengan apa yang di harapkan

Itulah jenis, gejala dan pengobatan untuk penderita kanker kulit semoga dengan informasi ini kita dapat mengetahui dan mengenali apa itu penyakit kanker kulit dan betapa berbahaynya bagi kesehatan.

loading...

Loading...