Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi kesehatan

loading...

loading...
Saat ini makanan cepat saji merupakan andalan bagi setiap orang karena mereka tidak perlu repot-repot untuk memasak. Kita tidaklah sulit untuk menemukan restoran cepat saji di indonesia ini sehingga banyak orang yang mulai merubah gaya hidup mereka salah satunya mengkonsumsi makanan cepat saji.

Harga yang terjangkau membuat makanan cepat saji di gemari oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah hingga menengah ke atas. Tetapi tahukah anda jika makanan cepat saji memiliki dampak buruk pada kesehatan kita seperti:

1.Menyebabkan Obesitas

Tanpa di sadari akibat yang di timbulkan makanan cepat saji lambat laun akan membahayakan tubuh seseorang salah satunya yaitu obesitas hal ini terjadi karena berubahnya perilaku seseorang sehingga akan melemahkan kontrol diri yang membuat kita menjadi tidak kontrol dan makan secara berlebihan. Apalagi di tambah kurangnya aktivitas tubuh seperti kurang bergerak dan olahraga ini juga salah satu faktor penyebab obesitas pada seseorang.

2.Menurunkan kemampuan otak

Sesorang yang makan makanan cepat saji secara terus menerus akan menyebabkan perubahan di bagian otak yang bertanggung jawab pada pengambil keputusan, korteks orbitofrontal. Menurut penelitian makanan cepat saji yang berlebihan akan membatasi asupan jenis makanan tertentu, selain itu makanan cepat saji dapat mengubah respon di dalam otak seseorang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri memperkirakan 10% populasi orang dewasa dunia mengalami obesitas. Sedikitnya 2,8 juta orang meninggal karena kelebihan berat badan. Obesitas sendiri merupakan salah satu pemicu yang menyebabkan hadirnya permasalahan kesehatan seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Betapa berbahayanya makanan cepat saji jika di konsumsi secara terus menerus jangan karena alasan sibuk kita mengabaikan kesehatan dengan cara memakan makanan yang instan. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang kita masak sendiri karena lebih terjaga kebersihanya dan tentunya lebih fresh sehingga tubuh kita tetap sehat. Jangan lupa di imbangi dengan olahraga yang teratur setiap hari.

Semoga artikel bahaya makanan cepat saji ini membuat kita menyadari akan pentingnya memulai gaya hidup yang sehat.

loading...

Loading...