3 Penyebab utama Kanker Kulit yang Harus di Waspadai

loading...

loading...
Kanker kulit merupakan salah satu dari banyak penyakit yang sangat mematikan, hal ini tidak terlepas dari gaya hidup seseorang dan lingkungan sekitarnya. Kanker kulit umunya di sebabkan oleh paparan langsung sinar matahari terhadap kulit kita. Sebelum kita berbicara tentang 3 penyebab utama kanker kulit, mari kita lihat apa saja fungsi dari lapisan kulit atas yang melindungi kulit dari sengatan matahari. Lapisan atas kulit di sebut epidermis dan memiliki 3 sel utama seperti: sel skuamosa, basal, dan melanosit. Sel skuamosa merupakan bagian sel di bagian dalam kulit tepat berada di bawah lapisan luar. Sedangkan di bawah sel skuamosa adalah sel basal, yang bertindak sebagai generator sel-sel baru. Yang terakhir melanosit sel-sel ini menghasilkan melananin, pigmen pewarna yang menentukan warna kulit anda, pigmen ini juga mempunyai peranan penting sebagai pelindung kulit dari sinar matahari.

Oke baiklah jika kalian sudah tahu fungsi dari masing-masing sel kulit maka kalian juga harus tahu apa saja penyebab utama dari kanker kulit ini:

1.Radiasi sinar matahari

Sinar matahari memang banyak manfaatnya bagi kelangsungan makhluk hidup di muka bumi ini namun di balik manfaatnya juga terkandung bahaya yang mematikan jika terkena kulit secara terus menerus, hal ini bisa menyebabkan seseorang yang terpapar radiasi matahari secara terus menerus kemungkinan terbesar untuk terkena kanker kulit sangatlah besar. Ada 2 jenis umum sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit yaitu UVA dan UVB. Hal ini bisa terjadi karena kedua sinar itu dapat merusak sel-sel kulit sehingga cenderung berkembang biak menjadi kanker.

 2.Bahan kimia

Telah banyak di temukan dalam kehidupan sehar-hari bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker kulit seperti senyawa arsenik, serpihan minyak, minyak bumi, jelaga, nikotin, dan batubara. Umunya orang yang bekerja di pabrik bahan kimia tanpa perlindungan yang standar kemungkinan besar dapat terkena kanker servik

3.Kondisi kulit

Seseorang yang mempunyai kulit yang sangat rentan terhadap penyakit kulit dapat dengan mudah terserang kanker kulit, karena sel-sel kulit yang lemah dan di pengaruhi oleh karsinogen, dan keratosis surya. Kondisi ini tidak akan langsung dengan sendirinya menjadi kanker kulit tetapi karen sel-sel kulit yang lemah menjadikan mereka kekurangan kemampuan alami untuk melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Itulah 3 penyebab utama dari kanker kulit dengan pengetahuan kita bisa mencegah berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

loading...

Loading...