10 tips pintar untuk menghindari kanker

loading...

loading...
Akhir-akhir ini perkembangan kanker kulit terus meningkat. Fakta sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa hampir setiap 1 menit 1 orang di dunia meninggal karena penyakit ini.

Tetapi kita tidak perlu khawatir karena dengan pola hidup yang sehat berarti kita sudah dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit ini. ini ada beberapa tips pintar untuk menghindari kanker kulit:

1.Berhenti merokok.
semua orang pasti tahu jika merokok tidak baik untuk kesehatan karena bahan kimia yang terkandung di dalam satu batang rokok dapat membuat seseorang berpotensi terkena kanker. Selain merugikan diri sendiri perokok aktif juga merugikan keluarga terdekat karena asap rokok yang di keluarkan juga membahayakan keluarga di sekitarnya.

2.Hindari sinar matahari
indonesia termasuk negara tropis sehingga sinar matahari menyinari hampir sepanjang tahun. Sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit jika bila terkena paparanya secara berlebihan, jika cuaca sedang panas maka gunakanlah pelindung seperti payung untuk melindungi kita dari paparan sinar matahari secara langsung

3. kurangi kadar lemak di dalam makanan
makanan makanan yang mengandung banyak lemak bisa membuat tubuh tidak sehat seperti peningkatan berat badan. Jika seseorang terlalu kelebihan berat badan maka akan mudah terserang berbagai penyakit termasuk kanker. Lakukanlah diet agar terhindar dari berbagai penyakit.

4.Perbanyak makanan berserat
konsumsilah makanan berserat secara teratur setiap hari seperti Gandum, beras, sayuran, dan buah-buahan. Makanan tersebut merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan melindungi Anda dari kanker kolorektal.

5.Kurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar, dan diawetkan dengan nitrit
makanan yang di awetkan tidak bagus untuk kesehatan karena telah tercampur dengan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh apalagi makanan yang di bakar sangat berpotensi untuk memicu kanker bagi yang sering mengkonsumsinya.

6.Pilih makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C
konsumsi lah Vitamin A da C secara teratur setiap hari, vitamin ini banyak terkandung di dalam wortel dan jeruk. Hindari mengkonsumsi vitamin yang telah di kemas sebagai produk yang telah beredar di pasaran, sebisa mungkin makanlah makanan yang alami langsung dari alam tanpa proses apapun. Vitamin ini sangat penting sebagai penangkal kanker dan masih banyak manfaat buah ini bagi tubuh

7.Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubis
sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sayuran yang termasuk di dalam golongan kubis, seperti kol, brokoli, bunga kol, bak choy, dan kale dapat melindungi Anda dari kanker lambung, kolorektal dan kanker saluran nafas.so, masukan menu ini dalam menu makanan kalian

8.Hindari minuman beralkohol
Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak beresiko tinggi terkena kanker hati dan lambung. Merokok yang disertai minum alkohol akan meningkatkan resiko yang amat besar terjadinya kanker mulut, tenggorakan, laring dan oesofagus.

9.Periksalah diri secara teratur
tidak ada salahnya bagi kita untuk rajin memeriksakan diri kepada dokter secara rutin karena pemeriksaan rutin dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Bagi wanita sangat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear, pemeriksaan payuda*a sehingga jika ada sesuatu yang tidak sehat bisa di atasi secara cepat dan tepat. Sedangkan untuk lelaki rajinlah untuk memeriksakan diri dari gangguan penyakit kanker prostat dan testis.

10.Pola hidup yang seimbang
sebenarnya ini obat yang paling ampuh di anatra obat lainya karena jika tubuh di atur sedemikian rupa maka tubuh akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat menangkal berbagai macam penyakit. Kita bisa mulai dengan mengatur pola makan yang sehat, olahraga dan istirahat yang cukup.

Itulah 10 tips pintar untuk menghindari kanker karena apa yang di rasakan oleh tubuh kita hanya kita yang tahu oleh karena itu jika anda merasakan sesuatu yang tidak sehat pada tubuh anda segera periksakan kepada dokter.

loading...

Loading...